Rabu, 02 September 2020

Sejarah Singkat Banjar Pertambakan


Dari Sini berdirinya Banjarnegara.

Sebelum membaca yang ini, lebih bagus lagi baca tentang Sejarah Kadipaten Wirasaba.

ada di Sorotan Babad @Cagarbudayambanjar .

Nah yang sudah pernah baca postingan mimin tentang Larangan Memakan Daging Angsa, pasti sudah tau bahwa dahulu pada tahun 1571 terjadi sebuah kesalahfahaman antara Sultan Pajang dengan Adipati Wirasaba, dan berakibat meninggalnya Adipati Wrgautama I.

Singkat cerita, karena rasa bersalahnya kepada Adipati wirasaba, maka (R.Jaka Kaiman) salah satu anak menantu yang berani menghadap ke pajang, diangkat menjadi Adipati Wargautama II.

namun karena ia merasa hanya anak menantu, maka ia meminta agar wilayah Wirasaba yang luas ini dibagi menjadi 4, salah satu wilayahnya yaitu Banjarpetambakan yang diberikan kepada Kyai Ngabei Wirayudha.

Setelah 40 Tahun, ternyata wilayah Banjarpetambakan kurang berkembang, Akhirnya diutuslah R. Banyakwide anak dari Bupati Banyumas ke 4, Untuk menjabad sebagai adipati di Banjarpetambakan.

sepeninggalanya daerah ini diperintah oleh anaknya, yaitu Kyai Ngabei Mangunyudha.

Kyai Mangunyudha meninggal dalam peristiwa tragis di Loji VOC dan dikenal dengan nama Adipati Mangunyudha Sedo Loji.

sepeninggalnya digantikan oleh R. Ngabei Mangunyudha II

lalu memindahkan Wilayah Kabupaten ke Barat Sungai Mrawu, dengan daerah yang dikenal dengan Banjar Watu Lembu

R. Ngabei Mangunyudo II merupakan Bupati Banjar Watu Lembu Pertama, yang kemudian digantikan oleh puteranya, bergelar Kyai R. Ngabei Mangunyudo III yang kemudian berganti nama menjadi Kyai R. Ngabei Mangunbroto, Bupati Anom Banjar Selolembu. Masih dari sumber yang sama, R. Ngabei Mangunbroto wafat karena bunuh diri.

Penggantinya adalah R.T. Mangunsubroto yang memerintah Kabupaten Banjar Watulembu sampai tahun 1831. .

Begitulah riwayat singkat Tanah gilar-gilar ini, sebelum dipindahkan oleh Tumenggung Dipoyudha ke Selatan sungai serayu dan dikenal dengan dengan nama Banjarnegara. .

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Hubungi Kami

kami sangat mengapresiasi segala kontribusi anda dalam Sejarah dan Kebudayaan Banjarnegara, Bergabunglah bersama kami untuk mengangkat Kebudayaan Banjarnegara agar dikenal oleh masyarakat luas

Alamat:

Banjarnegara, Jawa Tengah, Indonesia

Jam Kerja:

setiap saat kami ada

E-mail:

cbudayabanjar@gmail.com