Rabu, 02 September 2020

Sejarah Keramik Klampok Banjarnegara

 


Pernah Ke Klampok?... .
.selain banyak bangunan cagar budaya di sini, ternyata klampok juga punya keistimewaan lainya.

apalagi kalau bukan Kramik Klampok. kramik yang satu ini konon adalah kramik pertama dari Indonesia yang tercatat di buku kramik dunia loh.. .
nah pendiri perusahaan kramik pertama di klampok adalah bapak Kandar Atmomihardjo. .
Di tahun 1935 beliau
mendapat kesempatan dari Pemerintah Belanda untuk belajar ilmu keramik di Keramische Laboratorium di Bandung. .
Selama setahun di sana Kandar mendalami seluk-beluk perkeramikan. Usai dari Bandung, Kandar diserahi tugas memimpin perusahaan keramik Banjarnegara. Namun, tugas tersebut hanya dipegangnya lima tahun. Sebab, setelah itu ia ditugaskan ke Magelang. Di sini pun ia tak tinggal lama, karena beberapa tahun kemudian dia kembali ke Klampok dan mendirikan Sekolah Teknik, yang salah satu jurusannya adalah teknik membuat keramik.

Tahun 1957, Kandar keluar dari Sekolah Teknik dan mendirikan perusahaan industri keramik yang diberi nama Meandallai.

Nama itu sebenarnya merupakan singkatan dari Mendidik Anak Dalam Lapangan Industri. Tenaga kerjanya, kebanyakan adalah anak-anak putus sekolah dan para pengangguran. Dari sinilah awal tumbuh dan menjamurnya perusahaan keramik di Klampok. .

Kandar Atmomihardjo sendiri meninggal pada 1977 lalu. Namun, usaha yang dirintisnya tidaklah sia-sia. Selain menjadi mata pencaharian bagi warga Klampok.

Kramik dari klampok ini sudah dikenal di berbagai negara, dari negara tetangga seperti singapura bahkan sampai negeri Belanda dan Amerika. bahkan di beberapa museum Dunia, dan di Indonesia kramik klampok terpajang sebagai salah satu koleksi dari berbagai museum di dunia itu.

Nah buat yang datang ke Klampok, jangan lupa juga mampir ke Pusat Kerajinan Kramik ya... .

Jangan Lupa Like, dan Komenya ya Sobat Cagar Budaya... 😊👍

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Hubungi Kami

kami sangat mengapresiasi segala kontribusi anda dalam Sejarah dan Kebudayaan Banjarnegara, Bergabunglah bersama kami untuk mengangkat Kebudayaan Banjarnegara agar dikenal oleh masyarakat luas

Alamat:

Banjarnegara, Jawa Tengah, Indonesia

Jam Kerja:

setiap saat kami ada

E-mail:

cbudayabanjar@gmail.com