Kamis, 24 Mei 2018

Pokok Pikiran Kebudayaan Banjarnegara Mulai Dibahas

Menjelang dilaksanakannya Kongres Kebudayaan Nasional pada Oktober mendatang, Pemkab Banjarnegara melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mulai melakukan perumusan Pokok Pikiran Kebudayaan, Kamis (24/5).

Pokok Pikiran Kebudayaan tersebut nantinya akan menjadi bahan kajian di tingkat provinsi dan nasional, yang akan disahkan oleh Presiden Joko Widodo.
Kepala Bidang Kebudayaan Dinparbud Banjarnegara Pin Agustina mengatakan bahwa Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD), nantinya akan dikerucutkan dan dijadikan rumusan di tingkat nasional. "Dengan PPKD ini, nantinya pemerintah akan memberikan Dana Alokasi Khusus untuk pemajuan kebudayaan sebagaimana amanat undang-undang" jelas Pin.

 Dalam PPKD ini, tambah Pin, setiap daerah akan menginventarisir sebelas objek kebudayaan, yang diantaranya ritus, seni, manuskrip hingga cagar budaya. Hasil inventarisasi tersebut akan dihimpun dalam aplikasi yang kedepannya dapat diakses oleh semua orang.
Salah satu anggota tim perumus PPKD dari unsur akademisi dan sejarawan Heni Purwono mengungkapkan bahwa momen ini dapat dijadikan oleh daerah untuk benar-benar menggali, mendata sekaligus melestarikan kebudayaan yang dimilikinya. "Tim perumus PPKD berasal dari berbagai unsur yang peduli dengan kebudayaan. Maka ini saat yang tepat untuk menjamin kebudayaan kita dapat lestari dengan minimal terdata secara rapi, bahkan nantinya terdigitalisasi lewat aplikasi. Ini tentu itikad yang baik dari pemerintah untuk memajukan kebudayaan" ujar Heni.

Heni yang bersama Komunitas Cagar Budaya Banjarnegara tengah berkonsentrasi terhadap pelestarian cagar budaya berharap dari perumusan PPKD ini nantinya muncul juga payung hukum pelestarian cagar budaya di Banjarnegara. "Di Banajarnegara ini kaya akan artrfak dan mentifak yang potensial sebagai cagar budaya dari era klasik hingga kontemporer. Sayangnya perlindungan terhadap cagar budaya masih sangat minim. Bahkan tim ahli cagar budaya yang bertugas melegalisasi cagar budaya di tingkat kabupaten saja kita belum punya. Itu PR mendesak Pemkab yang harus segera digarap, sebelum cagar budaya yang ada di kota ini lenyap dimakan jaman" tandas Heni.

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Hubungi Kami

kami sangat mengapresiasi segala kontribusi anda dalam Sejarah dan Kebudayaan Banjarnegara, Bergabunglah bersama kami untuk mengangkat Kebudayaan Banjarnegara agar dikenal oleh masyarakat luas

Alamat:

Banjarnegara, Jawa Tengah, Indonesia

Jam Kerja:

setiap saat kami ada

E-mail:

cbudayabanjar@gmail.com