Senin, 05 November 2018

Pekan Kepahlawanan, Guru dan Siswa Kenakan Pita Merah Putih

Dalam rangka Pekan Kepahlawanan SMAN 1 Sigaluh, guru dan siswa mengenakan pita merah putih di lengan kanan baju sebagai tanda dimulainya kegiatan, Senin (5/11). Penyematan pita tersebut mengawali kegiatan yang nantinya akan dirangkai dengan bersih monumen Bandingan, lomba pidato Bung Tomo, lomba mirip pahlawan, lomba puitisasi pahlawan dan lomba lagu perjuangan dengan musik atonal.

Kepala SMAN 1 Sigaluh Imam Raharjo mengungkapkan, kegiatan memperingati hari pahlawan sudah sejak 2011 dilaksanakan dengan berbagai kegiatan kreatif. "Pernah kita lombakan cipta lagu perjuangan, dan juga fotografi monumen perjuangan. Kali ini yang baru adalah lomba lagu perjuangan dengan musik atonal" kata Imam.
Musik atonal, jelas Imam, adalah musik tanpa nada dengan memanfaatkan alat apapun, yang penting dapat mengeluarkan bunyi, yang ada disekitarnya. "Maknanya, kita ingin para siswa merasakan bagaimana dahulu para pejuang berperang dengan alat seadanya, namun mereka tetap pantang menyerah mengusir penjajah" tambahnya.
Adapun koordinator kegiatan Pekan Kepahlawanan SMAN 1 Sigaluh Heni Purwono mengungkapkan bahwa untuk lomba mirip pahlawan dan juga pidato Bung Tomo, sudah beberapa kali dilaksanakan. "Untuk pidato Bung Tomo, siswa harus menghafalkan cukup panjang. Selain itu, dalam berorasi akan dinilai intonasi dan juga kostum yang dikenakan. Intinya kita ingin Bung Tomo seakan hidup lagi menyemangati generasi saat ini" jelas Heni.
Adapun puncak acara, akan dilaksanakan kegiatan upacara Hari Pahlawan pada 10 November memdatang, dan juga bersih monumen Bandingan, yang merupakan monumen penghadangan tentara Sekutu dan NICA oleh para pejuang lokal Banjarnegara.

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Hubungi Kami

kami sangat mengapresiasi segala kontribusi anda dalam Sejarah dan Kebudayaan Banjarnegara, Bergabunglah bersama kami untuk mengangkat Kebudayaan Banjarnegara agar dikenal oleh masyarakat luas

Alamat:

Banjarnegara, Jawa Tengah, Indonesia

Jam Kerja:

setiap saat kami ada

E-mail:

cbudayabanjar@gmail.com