Kamis, 06 September 2018

Jurusan Sejarah Unnes MoM dengan MGMP Sejarah Banjarnegara

Jurusan Sejarah Universitas Negeri Semarang (Unnes) menjalin kerjasama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sejarah SMA Kabupaten Banjarnegara dalam hal pembuatan media pembelajaran sejarah, Kamis (6/9) di SMAN 1 Bawang Banjarnegara.
Penandatanganan Minutes of Meeting (MoM), dilakukan oleh Ketua Jurusan Sejarah Unnes Hamdan Triatmaja dan Ketua MGMP Sejarah SMA Kabupaten Banjarnegara Heni Purwono dihadapan puluhan peserta Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Audio Visual Sejarah.

Kerjasama ini meliputi pengembangan dan pemanfaatan media belajar serta penggunaan produk-produk unggulan dari laboratorium yang ada di Jurusan Sejarah Unnes.

Ketua Jurusan Sejarah Unnes Hamdan Triatmaja mengungkapkan, di era digital seperti ini, generasi millenial memang lebih tertarik pada media audio visual dalam pembelajaran. "Sayangnya, tidak semua sumber audio visual sejarah di dunia maya relefan untuk pembelajaran. Peran guru sejarah, secara profesional harus mampu memilih mana yang baik dan mana yang tidak untuk sumber belajar" kata Hamdan.

Di Jurusan Sejarah Unnes, tambah Hamdan, ada rumah produksi media pembelajaran sejarah yang dapat diakses oleh para guru.
Ketua MGMP Sejarah SMA Kabupaten Banjarnegara Heni Purwono mengatakan sangat beruntung dapat bekerjasama dengan Unnes. Pihaknya ingin agar kerjasama ini menghasilkan produk media pembelajaran sejarah yang baik, terutama sejarah lokal. "Jadi kerjasama kedepan kita tidak hanya sebagai user dari produk-produk media Jurusan Sejarah Unnes, namun kita juga dapat bersama-sama membuat media pembelajaran sejarah yang menarik dengan tema-tema kelokalan. Ini kerjasama yang menguntungkan dua belah pihak" tandas Heni.

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Hubungi Kami

kami sangat mengapresiasi segala kontribusi anda dalam Sejarah dan Kebudayaan Banjarnegara, Bergabunglah bersama kami untuk mengangkat Kebudayaan Banjarnegara agar dikenal oleh masyarakat luas

Alamat:

Banjarnegara, Jawa Tengah, Indonesia

Jam Kerja:

setiap saat kami ada

E-mail:

cbudayabanjar@gmail.com