Rabu, 15 Agustus 2018

Generasi Muda Terkesima Foto-Foto Lama

Ada yang menarik pada gelaran Pameran Arsip dan Buku Kabupaten Banjarnegara yang berakhir pada Rabu (15/8), di Gedung Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Banjarnegara. Di sana, pengunjung disuguhi puluhan foto lama Banjarnegara yang dipajang di ruang pamer. Tampak terpajang foto pabrik gula Klampok, jembatan-jembatan gantung dan juga bangunan irigasi yang dibangun pada era kolonial Belanda.

Selain itu, juga ada foto anak-anak Indonesia zaman penjajahan berbaju kain goni, pribumi yang menandu seorang anak keturunan Eropa, hingga tokoh-tokoh penting yang berasal dari Banjarnegara seperti Dokter Angka dan juga Soemitro Kolopaking Purbonegoro yang merupakan tokoh pergerakan nasional dan anggota BPUPKI.

Tak ayal, hal itu memicu rasa penasaran pengunjung, utamanya generasi muda Banjarnegara. Gedung Arsip dan Perpustakaan yang kebetulan berada di depan dua sekolah besar pun akhirnya setiap hari menerima kunjungan siswa yang iseng mampir maupun sengaja untuk melihat pameran itu.
Seperti siswa SMAN 1 Banjarnegara Danissa Salwa Salsabila, ia sempatkan diri melihat-lihat foto lama dan bahkan menyebarkan kunjungannya di akun sosial media yang dimilikinya. "Ini jarang sekali ada. Saya jadi tahu banyak tentang sejarah Banjarnegara dari foto-foto ini. Beberapa lanskap memang sudah berubah, tapi banyak juga bangunan zaman kolonial yang masih utuh. Ini penting banget buat anak muda agar tidak buta sejarah kotanya" ujar Dannisa.

Ketua Umum Yayasan Sahabat Muda Indonesia Heni Purwono yang andil menyediakan foto lama Banjarnegara mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut diharapkan mampu menggugah kesadaran sejarah generasi muda Banjarnegara. "Kebetulan kami sedang selenggarakan kegiatan even sejarah, hasil kerjasama dengan Direktorat Sejarah Kemdikbud. Amlamdulillah para pengunjung antusias sekali dengan foto yang kami pamerkan" ujar Heni.
Belanda dan juga beberapa koleksi sejarahwan. "Kami berharap dengan pameran foto lama ini masyarakat mampu bernostalgia bagi generasi lawas, dan juga bagi kids zaman now menjadikan mereka menghargai sejarah dan juga mau melestarikan objek bersejarah di kotanya" harap Heni.

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Hubungi Kami

kami sangat mengapresiasi segala kontribusi anda dalam Sejarah dan Kebudayaan Banjarnegara, Bergabunglah bersama kami untuk mengangkat Kebudayaan Banjarnegara agar dikenal oleh masyarakat luas

Alamat:

Banjarnegara, Jawa Tengah, Indonesia

Jam Kerja:

setiap saat kami ada

E-mail:

cbudayabanjar@gmail.com