Kamis, 25 Oktober 2018

Dorong Perlindungan Cagar Budaya, Kemdikbud dan YSMI Gelar Napak Tilas

Guna mendorong Pemkab Banjarnegara untuk segera membuat Peraturan Daerah tentang Perlindungan Cagar Budaya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui Direktorat Sejarah Ditjen Kebudayaan bekerjasama dengan Yayasan Sahabat Muda Indonesia (YSMI), Minggu (28/10) akan menggelar kegiatan Napak Tilas Sejarah dan Cagar Budaya Kota Lama Klampok.

Menurut ketua YSMI Heni Purwono, kegiatan tersebut akan menjadi penutup dari kegiatan 4 Even Sejarah yang merupakan program fasilitasi komunitas sejarah dari Kemdikbud RI.
"Ini momen yang sangat tepat untuk mendorong Pemkab Banjarnegara agar segera membuat upaya perlindungan sistematis terhadap nilai sejarah dan cagar budaya yang ada di Banjarnegara. Rencananya kami juga akan melakukan Sumpah Pemuda Pelestari Cagar Budaya" kata Heni.
Dalam kegiatan ini nantinya, para peserta akan diajak menapak tilas kejayaan pabrik gula Klampok yang pada tahun 1912 hingga 1930 an, menjadi salah satu pemasok produksi gula dimana saat itu Indonesi menjadi eksportir gula terbesar ke dua di dunia. Sayangnya, tambah Heni, bekas-bekas kejayaan itu kini tinggal tersisa sebagian. "Padahal seandainya bangunan cagar budaya pabrik gula dipertahankan sebagaimana bangunan perumahan para pejabat Belanda dan juga beberapa bangunan lain seperti kantor pos dan juga sekolah, akan sangat bermanfaat bagi pembelajaran sejarah dan juga bisa menjadi labortaorium sejarah tata kota kolonial kecil yang cukup lengkap" tambahnya.
Rencananya akan hadir sebagai undangan dalam kegiatan tersebut Direktur Sejarah Ditjen Kebudayaan Kemdikbud RI Triana Wulandari, Kepala BPCB Jawa Tengah, Wakil Bupati Banjarnegara, ketua DPRD Kabupaten Banjarnegara dan juga SKPD terkait. Adapun peserta kegiatan ini adalah aktivis OSIS SMA/SMK/MA dan BEM kampus se Banjarnegara, guru-guru sejarah, pegiata Komunitas Cagar Budaya Banjarnegara dan juga Pramuka Saka Pariwisata. "Kita ingin semua pemangku kepentingan hadir dan memperjuangkan upaya pelestarian cagar budaya di Banjarnegara" kata Heni. Bagi yang berminat mengikuti kegiatan ini diluar undangan resmi, dapat menghubungi narahubung: 085640554517.

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Hubungi Kami

kami sangat mengapresiasi segala kontribusi anda dalam Sejarah dan Kebudayaan Banjarnegara, Bergabunglah bersama kami untuk mengangkat Kebudayaan Banjarnegara agar dikenal oleh masyarakat luas

Alamat:

Banjarnegara, Jawa Tengah, Indonesia

Jam Kerja:

setiap saat kami ada

E-mail:

cbudayabanjar@gmail.com