Kamis, 06 September 2018

DPRD Ajukan Raperda Perubahan Hari Jadi


DPDR Kabupaten Banjarnegara tahun ini mengajukan Raperda inisiatif tentang Perubahan Hari Jadi Kabupaten Banjarnegara. Karenanya, Kamis (6/9), diadakan FGD di Ruang Sidang Badan Anggaran DPRD Kabupaten Banjarnegara.


Hadir dalam kegiatan tersebut selain anggota DPRD juga dari budayawan, OPD terkait dan juga sejarawan. Salah satu anggota DPRD Kabupaten Banjarnegara Badrusalam mengungkapkan Raperda tersebut mempertimbangkan aspirasi masyarakat yang mempolemikan tanggal 22 Agustus 1831 sebagai hari jadi Banjarnegara.

"Hari jadi yang saat ini ada dianggap kurang menumbuhkan rasa nasionalisme karena 22 Agustus 1831 merupakan penetapan Dipayudha IV oleh pemerintah Kolonial Belanda" ujar Badrusalam.

Padahal, tambah Badrusalam, Dipayudha IV merupakan tokoh yang ikut melawan Diponegoro. Dan pemindahan ibu kota kabupaten dari Banjar Kulon ke Banjarnegara yang sekarang juga bermuatan politis, agar pendukung Diponegoro terpinggirkan.

Ketua MGMP Sejarah SMA Kabupaten Banjarnegara yang menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan tersebut mengungkapkan, sejarah hari jadi bukan sekadar hari dan tanggal penetapan sebuah wilayah. "Hari jadi itu mustinya memuat spirit nasionalisme dan patriotisme. Karena sejarah intinya ada pada nilai. Sehingga jika kita memperingati hari jadi namun nilai nasionalisme dan patriotismenya tidak ada, maka tidak ada nilai sejarah dalam peringatan itu" jelas Heni.

Tindak lanjut dari FGD ini, akan dikaji dan diulas kembali oleh pihak-pihak yang berkompeten untuk meneliti sejarah hari jadi yang lebih tepat. Budayawan Banjarnegara Otong Cundoroso mengemukakan bahwa hasil FGD sementara mengerucut pada saat Mangunyudho Seda Loji memerintah atau gugur di Surakarta. "Sepertinya itu hal paling heroik dan masyarakat juga sangat mengidolakan Mangunyudho" kata Otong.

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Hubungi Kami

kami sangat mengapresiasi segala kontribusi anda dalam Sejarah dan Kebudayaan Banjarnegara, Bergabunglah bersama kami untuk mengangkat Kebudayaan Banjarnegara agar dikenal oleh masyarakat luas

Alamat:

Banjarnegara, Jawa Tengah, Indonesia

Jam Kerja:

setiap saat kami ada

E-mail:

cbudayabanjar@gmail.com