Rabu, 30 Mei 2018

Pameran Banjarnegara Old and New

 PAMERAN FOTO : Sejumlah siswa tampak asyik melihat foto yang dipamerka di Perpusda Banjarnegara. 

BANJARNEGARA – Peran tokoh di Banjarnegara dalam pergerakan kemerdekaan tidak bisa di anggap remeh. Di kota kecil ini, sejumlah tokoh pergerakan nasional lahir dan dibesarkan. Dosen Jurusan Sejarah Unnes Tsabit Azinar Ahmad menyebut sejumlah tokoh pergerakan nasional juga dilahirkan dan tumbuh berkembang di Banjarnegara.

Diantaranya anggota BPUPKI Sumitro Kolopaking, Sekjen Masyumipada Pemilu 1955 Taufiqurohman yang selain menjadi Sekjen Masyumi di Pemilu 1955 sekaligus anggota Dewan Konstituante.

 “Ini menunjukkan Banjarnegara pantas jika disebut sebagai kota pergerakan nasional,” jelasnya saat Bedah Buku Sejarah Syarikat Islam Banjarnegara di Sasana AdiGuna Setda Banjarnegara, Minggu (27/5). Buku tersebut merupakan karyanya. Selain bedah buku, juga dilaksanakan Diskusi Banjarnegara Kota Kebangkitan Nasional serta Pameran Foto Banjarnegara Old and New. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Yayasan Sahabat Muda Indonesia (YSMI) bekerjasama dengan Direktorat Sejarah Kemdikbud.

Ketua YSMI Heni Purwono berharap even ini mampu menumbuhkan kesadaran sejarah warga Banjarnegara. Menurut dia, Banjarnegara menyimpan peninggalan sejarah dari zaman klasik Hindu Buda, Islam, kolonial hingga kontemporer yang cukup lengkap. “Masyarakat harus memiliki kesadaran sejarah agar sejarah Banjarnegara tidak hilang dimakan zaman” ungkap Heni.

Copyright © Radarbanyumas.co.id

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Hubungi Kami

kami sangat mengapresiasi segala kontribusi anda dalam Sejarah dan Kebudayaan Banjarnegara, Bergabunglah bersama kami untuk mengangkat Kebudayaan Banjarnegara agar dikenal oleh masyarakat luas

Alamat:

Banjarnegara, Jawa Tengah, Indonesia

Jam Kerja:

setiap saat kami ada

E-mail:

cbudayabanjar@gmail.com