Minggu, 04 Maret 2018

Jejak SD INPRES Presiden Soeharto di Banjarnegara



awal masa Orde Baru aspek pendukung pendidikan dasar sangatlah kurang, maka sejak lahirnya pemerintah Orde Baru, pembangunan sektor pendidikan menjadi salah satu perhatian utama, Presiden Soeharto mengeluarkan Instruksi Presiden tentang pembangunan Sekolah Dasar. pembangunan SD Inpres mulai dibangun setelah dikeluarkannya Instruksi Presiden tahun 1973, kebijakan yang dikeluarkan merupakan kebijakan dua tahun sekali, pemerintah mengeluarkan program-program pendukung kebijakan SD Inpres, diantaranya adalah pembuatan kurikulum pendidikan, sistem pendidikan, penataran dan penempatan guru, penambahan buku-buku pelajaran, penambahan alat-alat peraga untuk menunjang pembelajaran dan pembangunan sarana prasarana lainnya.


Kebijakan SD Inpres berdampak pada peningkatan jumlah anak Sekolah Dasar pada tiap tahunnya dan semakin banyak gedung-gedung Sekolah Dasar walaupun pembangunannya belum merata sampai ke pelosok-pelosok desa. Penyelenggaraan pendidikan diletakkan pada perluasan pendidikan dasar dalam rangka mewujudkan pelaksanaan program wajib belajar, program ini membawa pendidikan yang lebih baik lagi. Tokoh-tokoh pendidikan mendukung program kebijakan SD Inpres, akan tetapi tetap memberikan saran dan kritik agar pemerintah selalu memperbaiki setiap kesalahan yang ada. Kata kunci: SD Inpres, Masa Orde Baru, tahun 1973-1983.
.
Bekas SD inpres di banjarnegara antara lain : 
SD negeri 1 gemuruh, 
SD negeri 2 pagerpelah, 
SD negeri 4 glempang,
SD negeri 2 wangon 
Dan masih banyak lainya. .

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Hubungi Kami

kami sangat mengapresiasi segala kontribusi anda dalam Sejarah dan Kebudayaan Banjarnegara, Bergabunglah bersama kami untuk mengangkat Kebudayaan Banjarnegara agar dikenal oleh masyarakat luas

Alamat:

Banjarnegara, Jawa Tengah, Indonesia

Jam Kerja:

setiap saat kami ada

E-mail:

cbudayabanjar@gmail.com